Sabtu, 04 Mei 2024
Dany Garjito | Amertiya Saraswati : Kamis, 27 Desember 2018 | 12:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Baru buka di tahun 2018 ini, objek wisata yang kini menghiasi wilayah Bangka, Pangkal Pinang tersebut tampak memesona.

Sekilas pandang, tebing-tebing batu putih yang ada terlihat memagari bentangan air sebiru laut. Warna birunya pun terlihat menggoda, mengundang wisatawan untuk menceburkan diri ke dalamnya.

Meski begitu, objek wisata yang bernama Aek Biru Mentok ini sebenarnya bukanlah laut atau danau biasa. Wisatawan juga tak bisa sembarang berendam di sana.

Aek Biru Mentok (instagram.com/aekbirumuntok)

Alih-alih, Aek Biru Mentok sebenarnya adalah bekas tambang timah yang sudah berpuluh-puluh tahun terbengkalai.

Selama itulah, air hujan yang turun mengisi ceruk yang sudah terbentuk akibat aktivitas pertambangan. Lama-kelamaan, sebuah danau buatan pun terbentuk dan dijadikan tempat wisata.

Di tempat ini, wisatawan memang bisa bebas berfoto, naik perahu kayuh, hingga mengapung di atas air dengan pelampung raksasa.

Aek Biru Mentok (instagram.com/miemieliem)

Namun, wisatawan tetap harus ekstra hati-hati karena danau buatan yang terlihat sebiru laut ini diam-diam masih mengandung zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan.

Opsi amannya, wisatawan dapat berdiri di anjungan yang ada dan mengambil foto dengan latar belakang Aek Biru Mentok yang memesona.

Travelers tertarik mengunjungi objek wisata baru di Pangkal Pinang ini?

BACA SELANJUTNYA

Berapa Harusnya Kompensasi yang Diterima Korban Tragedi Pesawat?