Senin, 29 April 2024
Dany Garjito : Selasa, 19 Maret 2019 | 21:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mikael Jasin mengatakan bahwa profesi barista sama dengan pekerjaan lainnya yang membutuhkan kerja keras. Tak ada yang instan.

Nah, terkait gaji, kata Mikael Jasin, ketika kamu tergolong barista pemula, maka upah yang didapatkan pun setara dengan standar UMR.

"Tapi industri kopi 'kan berkembang pesat banget, banyak orang nggak hanya jadi barista saja di coffee shop. Makin lama banyak sisi bisnis yang melingkupi coffee shop itu. Misal dari barista nanti ke manajer lalu naik lagi yang lingkupnya dengan petani kopi, atau marketing position yang kerjanya nggak di cafe lagi, tapi perusahaan terkait kopi," jelas Mikael Jasin merinci.

Mikael Jasin juga mengingatkan para milenial agar profesi barista jangan dilihat dari tampilannya saja, tapi bagaimana bisa menjadi barista terbaik. Seperti profesi lainnya, menjadi barista, juga membutuhkan kerja keras.

Kopi Manual Brew (Guideku.com/Amertiya)

"Tapi juga tetap harus bekerja keras dan banyak belajar. Jangan dipikir menjadi barista sebagai pilihan gampang. Kalau mau nyemplung itu belajar sedalam mungkin dan belajar untuk kompetisi. Jangan hanya luarnya saja," ungkapnya memberi motivasi.

Kini Mikael Jasin tengah bersiap untuk berlaga dengan barista terbaik di negara lain dalam ajang World Barista Championship di Boston, Amerika Serikat, 11-14 April mendatang. Berbagai persiapan pun telah dilakukan Mikael Jasin termasuk memoles lagi kemampuannya dalam meramu kopi terbaik.

Menurut Mikael Jasin tantangannya justru bagaimana bisa meyakinkan juri maupun penonton bahwa kopi yang diraciknya benar-benar nikmat. Ia pun terus mengeksplorasi jenis kopi yang lain sehingga dapat menyajikan formula terbaik.

"Sejujurnya cara bikin kopi ya begitu aja. Cuma lebih pelajari rasanya. Banyak nyobain kopi dari berbagai daerah aja jadi nggak hanya cobain satu udah suka. Banyak lebih mengenali kopi, apalagi kopi di indonesia kualitasnya luar biasa," pungkasnya.

SUARA.com/Firsta Nodia

BACA SELANJUTNYA

Viral Barista Cantik di Kafe, Pas Buka Masker Warganet Langsung Trauma