Minggu, 28 April 2024
Hiromi Kyuna : Senin, 25 Oktober 2021 | 07:48 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Rumput laut merupakan salah satu santapan yang banyak digemari. Rumput laut pun diolah menjadi aneka makanan yang lezat.

Seorang pria bernama Dennis yang merupakan lulusan teknologi pangan mencoba bereksperimen dengan rumput laut yang ia dapat. Rumput laut itu ia olah menjadi jeli.

Hal ini dibagikan melalui akun TikTok @naktekpang. Ia bercerita saat itu ia hendak pulang setelah beberapa waktu singgah di Nusa Lembongan.

Kemudian tanpa diduga pemilik vila yang ia tinggali membawakan dirinya satu plastik rumput laut kering. Di perjalanan ia kemudian terpikirkan bahwa rumput laut itu bisa diubah menjadi tepung.

Sesampainya di rumah, rumput laut itu ia cuci hingga bersih. Setelah itu rumput laut digunting kecil-kecil dan dikeringkan menggunakan dehidrator.

Jeli rumput laut (TikTok @naktekpang)

Rumput laut itu dikeringkan selama 8 jam dengan suhu 55 derajat Celcius. Rumput laut kering tersebut kemudian ia haluskan hingga berubah menjadi butiran bubuk.

Bubuk itu kemudian diayak dua kali agar butirannya sama besar. Ia kemudian mencampurkan bubuk itu dengan air dan mengaduknya hingga rata.

Ternyata air itu langsung mengental dan kemudian mengeras seperti jeli setelah didiamkan. Sayangnya aroma dan rasa rumput lautnya terasa sangat kuat. Dennis pun masih berpikir untuk memanfaatkan rumput laut itu.

Video ini kemudian menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini.

"Wah bisa jadi inovasi usaha baru nih bang," komentar seorang warganet.

Warganet lainnya ikut berkomentar. "Biasanya kalau aku direndam air cucian beras semalaman dulu kak biar agak mengurangi bau lautnya," ujar warganet ini.

"Kepikiran aja ya bikin jeli dari rumput laut kering," tulis warganet lainnya di kolom komentar.

Sementara itu, hingga Minggu (24/10/2021), video ini sudah ditonton sebanyak lebih dari 1 juta kali di TikTok.

Untuk menonton video selengkapnya, klik di sini!

BACA SELANJUTNYA

Uang Anak Ini Tak Cukup untuk Beli Roti, Pegawai Lakukan Hal Tak Terduga