Sabtu, 04 Mei 2024
Dany Garjito : Sabtu, 15 Desember 2018 | 14:20 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

''Jadi, awalnya hanya 5 orang lalu berkembang 10 orang, lalu datanglah insiatif untuk membuat kegiatan rutin memanjat tebing. Dari sinilah akhirnya berkomitmen dan membuat komunitas hingga berkembang seperti sekarang beranggotakan 100 orang,'' ungkap Renata Valenza, pendiri Komunitas Indo Climb kepada Suara.com.

Kegiatan Komunitas Indo Climb itu sendiri, sambung dia, rutin latihan panjat tebing 3 kali seminggu. Tak hanya itu, Komunitas Indo Climb juga rutin menggelar climbing trip luar kota hingga luar negeri.

''Dalam beberapa tahun ini kami melakukan climbing trip rutin ke Lembah Harau, Padang, lalu ke Gunung Hawu, Padalarang, Tebing Citatah 125 di Jawa Barat, Gunung Bongkok di Purwakarta, Krabi di Thailand, Cat Ba di Vietnam dan Tha Khaek di Laos,'' kata Renata memberikan keterangan lebih rinci.

Emi Zainah, Head of Coach Indo Climb sekaligus pelatih panjat tebing menuturkan, olahraga panjat tebing mengajarkan seseorang untuk konsisten dan bekerja keras. Semakin konsisten dan selalu berusaha, hasil yang akan didapat semakin besar.

Secara tidak langsung, filosofi olahraga panjat tebing, sambung dia, juga berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Seperti sabar, kuat, berani.

''Dari kecil saya anaknya pemalu, bicara sama orang aja takut. Tapi setelah kenal manjat, ya nggak kebayang bisa melatih tentara dan banyak teman dan rekan sekarang,'' kata Emi yang juga mantan atlet panjat tebing ini bangga.

BACA JUGA: Ngeri-Ngeri Sedap, Makan di Sini Kamu Akan Diangkat ke Atas Langit

Olahraga ini memiliki komunitas yang besar di Indonesia dan mancanegara. Kini, olahraga outdoor dan ekstrem berkembang dan mulai digemari berbagai kalangan khususnya kaum urban.

Di negara tetangga, seperti Malaysia, Singapura dan negara Asia Tenggara lainnya, rock climbing sudah populer dan memiliki fasilitas climbing gym di pusat kota, sehingga sudah menjadi urban lifestyle bagi masyarakat perkotaan.

Meski menyandang predikat sebagai olahraga ekstrem, panjat tebing merupakan olahraga yang aman. Aman karena panjat tebing menggunakan standar keamanan yang tinggi.

BACA JUGA: VIDEO: Lupa Pasang Sabuk Pengaman Gantole, Pria Gelantungan di 4000 Kaki

''Hampir semua kalangan awam mengatakan bahwa panjat tebing merupakan olahraga ekstrem. Tapi kita yang melihat dan menjalani olahraga ini sangat aman. Pada kegiatan panjat tebing alam pun kadang kita mengunjungi lokasi tebing alam di daerah, sehingga bisa dibilang kita ini berolahraga sembari berwisata,'' kata Emi.

Emi menambahkan bahwa, yang jelas panjat tebing, merupakan olahraga yang melibatkan petualangan, adrenalin, dan kebugaran fisik, aktifitas dilakukan dengan dengan peralatan yang lengkap, serta teknik yang tepat.

jadi buat kamu yang mau ikutan climbing trip atau wisata panjat tebing, Komunitas Indo Climb bisa menjadi opsi yang layak kamu pertimbangkan.

SUARA.com/Silfa Humairah Utami

Artikel ini sudah dimuat di SUARA.com dengan judul: Panjat Tebing Jadi Olahraga Kaum Urban, Yuk Intip Komunitas Indo Climb

BACA SELANJUTNYA

Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Bogor, Cocok untuk Libur Tahun Baru 2024