Senin, 29 April 2024
Dany Garjito | Amertiya Saraswati : Minggu, 12 Agustus 2018 | 15:21 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Ada banyak sekali museum dan monumen yang dibangun di seluruh penjuru Indonesia demi mengenang pengorbanan dan jasa para pahlawan. Salah satunya adalah Museum Lubang Buaya yang terletak di Jakarta Timur.

Museum Lubang Buaya ini dibangun untuk mengenang peristiwa G30S/PKI yang terjadi pada tahun 1965.

Di bagian depan, terdapat Monumen Pancasila Sakti di mana kamu bisa melihat tujuh patung pahlawan yang menjadi korban peristiwa ini.

Napak Tilas di Museum Lubang Buaya (instagram.com/supa_dwadua)

Sejarahnya, ketujuh sosok ini mengalami perlakuan buruk hingga kemudian dimasukkan ke dalam sumur yang hanya berdiameter 75 centimeter dan dengan kedalaman 12 meter.

Napak Tilas di Museum Lubang Buaya (instagram.com/supa_dwadua)

Tidak hanya itu, museum ini juga menyajikan diorama pemberontakan PKI dan peristiwa berdarah yang terjadi pada saat itu. Bahkan, replika rumah-rumah tempat para pemberontak berkumpul juga ada di sini.

Salah satu rumah yang ada dikenal dengan nama Rumah Penyiksaan. Rumah inilah yang digunakan oleh para pemberontak untuk menawan para jenderal.

Napak Tilas di Museum Lubang Buaya (instagram.com/pujilestari)

Tujuh orang yang pernah ditawan di peristiwa ini adalah Jenderal Ahmad Yani, Letnan Jenderal Suprapto, Letnan Jenderal Haryono, Letnan Jenderal Siswondo Parman, Mayor Jenderal Pandjaitan, Mayor Jenderal Sutoyo Siswomiharjo, dan Brigadir Jenderal Katamso Darmokusumo.

Selain ketujuh jendral yang telah disebutkan di atas, ada pula Pahlawan Revolusi Indonesia lainnya, yaitu Kapten Pierre Tendean, AIP Karel Satsuit Tubun, dan Kolonel Sugiono.

Museum Lubang Buaya ini bisa jadi tempat tujuan travelingmu selanjutnya. Karena di sini kamu bisa meningkatkan nasionalisme, sekaligus belajar mengenai sejarah kelam yang pernah dihadapi bangsa ini.

BACA SELANJUTNYA

5 Rekomendasi Wisata Outdoor Sekitar Kota Salatiga untuk Libur Akhir Tahun, Dijamin Happy!