Jum'at, 03 Mei 2024
Galih Priatmojo | Amertiya Saraswati : Jum'at, 22 November 2019 | 18:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Ada banyak destinasi wisata yang bisa disambangi kala berkunjung ke daerah Keraton Yogyakarta dan titik nol kilometer.

Salah satu destinasi tersebut adalah Museum Sonobudoyo yang berada di Jl. Pangurakan No. 6, Ngupasan, seberang Alun-alun Utara.

Museum Sonobudoyo ini dapat menjadi destinasi wisata yang cocok dikunjungi setelah puas berwisata di kawasan nol kilometer ataupun jalan-jalan di Keraton.

Pasalnya, museum ini menawarkan koleksi benda-benda sejarah dan kebudayaan Jawa yang terbilang lengkap. Tak hanya itu, museum ini juga dilengkapi miniatur candi khas Bali.

Nah, bagi Anda yang ingin berkunjung ke Museum Sonobudoyo saat berkunjung ke kawasan Keraton, ada beberapa moda transportasi yang bisa dimanfaatkan.

Yuk simak apa saja transportasi ke Museum Sonobudoyo yang bisa Anda temukan!

Museum Sonobudoyo Yogyakarta (Guideku.com/Amertiya)

1. Jalan kaki

Museum Sonobudoyo berada di area yang strategis dan bisa dicapai dengan berjalan kaki.

Baik dari area Keraton Yogyakarta atau titik nol kilometer, travelers cukup berjalan selama kurang dari lima menit untuk mencapai museum ini.

2. Becak atau andong

Transportasi menuju Keraton Yogyakarta. (Arendya/Guideku)

Transportasi tradisional seperti becak atau andong juga banyak bertebaran di area ini.

Bagi Anda yang baru saja berjalan-jalan di Malioboro, tak ada salahnya untuk pergi ke Museum Sonobudoyo dengan menggunakan becak atau andong yang tersedia.

3. Si Thole

Transportasi menuju Keraton Yogyakarta. (Arendya/Guideku)

Si Thole adalah shuttle mini bus warna hijau yang kini bisa ditemui di area njeron beteng (dalam beteng) Keraton Yogyakarta.

Shuttle mini bus ini dapat digunakan untuk menuju destinasi wisata seperti Keraton, Taman Sari, dan tentu saja Museum Sonobudoyo.

Untuk naik Si Thole ini, wisatawan cukup membayar Rp 5.000 saja. Murah kan?

4. Trans Jogja

Terakhir, wisatawan juga bisa memanfaatkan Trans Jogja untuk mencapai Museum Sonobudoyo. Meski begitu, Anda harus siap berjalan kaki dari halte terdekat menuju area museum. Tak perlu khawatir, jaraknya kurang dari 5 menit.

Bagi travelers yang ingin naik Trans Jogja menuju Museum Sonobudoyo, Anda bisa turun di Halte Malioboro 3 atau Halte Senopati 1 yang jaraknya dekat dengan museum.

BACA SELANJUTNYA

Soto Sampah Jogja, Wisata Kuliner Unik Penggugah Selera di Yogyakarta