Senin, 29 April 2024
Silfa Humairah | Arendya Nariswari : Minggu, 22 Maret 2020 | 11:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Seiring merebaknya virus corona, keberadaan produk disinfektan harganya kini kian melambung dan jumlahnya mulai langka di pasaran.

Tetapi, belum lama ini ada kabar gembira bagi travelers yang kesulitan mencari produk disinfektan. Pasalnya, salah seorang ahli mengatakan bahwa terdapat cara membuat disinfektan dengan menggunakan bahan alami berupa cuka.

"Banyak sebetulnya (bahan alternatif), salah satunya adalah cuka yang biasanya digunakan untuk pempek untuk asam, itu bisa dipakai sebagai disinfektan," sebut Prof. Dr. Arif Sumabtri, SKM. M.Kes, di Graha BNPB, Jakarta Timur, dikutip Guideku.com dari laman Suara.com, Minggu (22/3/2020).

Dirinya mengatakan bahwa cuka pempek memiliki PH rendah, serta kandungan di dalamnya dapat menghambat perkembangbiakan mikroorganisma termasuk virus.

Ilustrasi disinfektan. (Pixabay/@Michael-T)

Bermanfaat pula sebagai antiseptik, cuka bisa ditambahkan dengan sejumlah bahan seperti minyak kemiri, kayu putih, kayu manis, cengkeh, dan jeruk nipis.

"Cuka adalah antiseptik ringan, serta minyak esensial menambahkan kualitas anti bakteri, anti jamur, dan juga anti virus," imbuhnya.

Bukan hanya cuka, disinfektan rupanya dapat dibuat dengan menggunakan daun sirih yang diolah dengan cara direbus terlebih dahulu.

"Untuk memanfaatkan disinfektan alami, seperti misalnya daun sirih sebagai antiseptik, maka yang dibutuhkan adalah kita harus memperhatikan dosis serta konsentrasi agar tidak menimbulkan resistensi," tutupnya.

Jadi bagaimana travelers, tertarik untuk mencoba membuat disinfektan dari cuka pempek yang biasanya kalian temukan dengan mudah di supermarket dan toko bahan makanan ini?

 

BACA SELANJUTNYA

Lebih Baik Tak Makan di Restoran saat Pandemi, Ketahui 5 Tanda Bahaya Ini