Minggu, 28 April 2024
Caca Kartiwa : Sabtu, 25 November 2023 | 14:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Pusat Pemetaan Kelautan dan Lingkungan Pantai Badan Informasi Geospasial (PPKLP BIG) telah mengumumkan nama resmi untuk gunung bawah laut yang ditemukan pada tahun 2022 lalu, dan kini disebut sebagai 'Jogo Jagad'. Kabar ini tersebar melalui unggahan Instagram resmi BIG.

'Jogo Jagad' disahkan menjadi nama gunung bawah laut di Selatan Jawa," tulis keterangan BIG dalam unggahannya, dikutip Sabtu (25/11/2023).

Menurut keterangan BIG, penamaan 'Jogo Jagad' telah disahkan dalam sidang ke-36 Sub Committee on Undersea Features Names (SCUFN) di Wollongong, Australia, yang berlangsung pada 6-10 November 2023.

Lokasi gunung bawah laut ini terletak sekitar 260 km di selatan Kabupaten Pacitan, berada di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Dengan tinggi mencapai 2.300 meter dari dasar laut dan kedalaman mencapai 6.000 meter, gunung ini memiliki garis tengah sekitar 10 km.

Puncaknya, jika dilihat dari permukaan air, mencapai tinggi 3-4 km. Koordinat geografis gunung ini terletak pada 111.039 BT dan 10.661 LS.

Penamaan 'Jogo Jagad' pada gunung bawah laut ini merupakan hasil pengusulan dari Pemerintah Kabupaten Pacitan setelah menerima temuan dari BIG.

Proses tersebut telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 2 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Nama Rupabumi.

Proses penamaan rupabumi di Indonesia diatur oleh National Names Authority (NNA) atau Badan Informasi Geospasial (BIG), dengan beberapa syarat yang harus dipenuhi sesuai dengan Pedoman Penamaan Rupabumi (PP PNR) dan resolusi UNGEN.

Beberapa syarat tersebut mencakup penggunaan bahasa Indonesia, abjad romawi, penghormatan terhadap keberagaman, pembatasan jumlah kata maksimal, dan menghindari penggunaan nama orang yang masih hidup.

Nama 'Jogo Jagad' diusulkan dengan bentuk harapan memberi kebaikan bagi warga sekitar. Hal itu disampaikan oleh Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji.

"Usulan nama itu kami sampaikan saat diundang pertemuan via Zoom. Kemudian diminta menyampaikan usulan nama," kata Indrata, Senin (20/1) dikutip dari Antara 25 November.

Dengan penamaan resmi ini, 'Jogo Jagad' menjadi bagian dari warisan geografis Indonesia yang diberi nama dengan mempertimbangkan nilai budaya, sejarah, dan aspek toponimi.

BACA SELANJUTNYA

Libur Akhir Tahun Kunjungi Padang Savana Bromo? Catat Hal yang Tidak Boleh Dilakukan