Sabtu, 27 April 2024
Hiromi Kyuna : Kamis, 02 September 2021 | 15:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Dalam berjualan makanan, kejujuran menjadi hal yang sangat penting dalam melayani pelanggan. Menjadi tidak jujur dan mencurangi pembeli merupakan tindakan yang tak terpuji.

Sebuah video pedagang ikan yang melakukan trik curang pada pembeli pun ramai dibicarakan di sosial media. Video tersebut diunggah oleh akun Twitter @Tok_Tek.

Dalam unggahan itu tampak seorang wanita di pasar yang tengah melayani pembeli. Dalam unggahan itu, ia menimbang ikan yang dibeli pelanggan dengan timbangan digital.

Tak ada yang ia lakukan pada timbangan digital sehingga pelanggan pun tak curiga. Namun aksi curangnya justru dilakukan saat memasukkan ikan ke dalam plastik.

Ikan yang semula ada di dalam keranjang itu dengan cepat hendak dipindah ke dalam plastik bening untuk dibawa pulang. Rupanya, tangan pedagang ini dengan cepat mengganti ikan yang telah ditimbang sebelumnya.

Pedagang ikan curang (Twitter @Tok_Tek)

Ia bertingkah seolah ikan itu sulit dimasukkan ke dalam plastik. Kemudian ia menurunkan tangannya seolah-olah akan memasukkan ikan dari bawah.

Namun yang sebenarnya terjadi adalah ia menukar plastik ikan saat tangannya ada di bawah dan tak terlihat pelanggan. Tentu saja hal ini merugikan pelanggan karena ikan yang didapat tak sesuai dengan pilihan dan timbangan yang telah ditunjukkan sebelumnya.

Pedagang tersebut tampak tetap tenang dan terlihat tidak bersalah. Ia tetap melanjutkan proses transaksi kepada pelanggan yang telah menjadi korban kecurangannya.

Video ini kemudian menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini.

"Mama ku pernah belanja di pasar hampir ngalamin begini nih. Udah milih buah, setelah ditimbang malah ngasih buah dari plastik lain wkwk untung mama ku ngeliatin tangan pedagangnya," komentar seorang warganet.

Warganet lain ikut berkomentar. "Kadang kalau jualannya gini, dia pasti ngerasa kurang terus pendapatannya,"ujar warganet ini.

"Penjual kayak gini nyebelin banget ya. Untung di atas kerugian orang lain," tulis warganet lainnya di kolom komentar.

Sementara itu, hingga Kamis (2/9/2021), video ini sudah ditonton sebanyak lebih dari 70 ribu kali di Twitter.

Untuk melihat video selengkapnya, klik di sini!

BACA SELANJUTNYA

Tawar Harga Rambutan di Pedagang Keliling, Endingnya Malah Bikin Takjub