Kamis, 13 Agustus 2020
Silfa Humairah : Kamis, 30 Juli 2020 | 15:00 WIB

Guideku.com - Pemandangan alam nan asri Dieng dan view matahari terbit di Bukit Sikunir merupakan ikon wisata di Dieng.

Nah, kabar gembira untuk traveler yang sudah tidak sabar ingin mengunjungi destinasi surgawi dieng tersebut, Gunung Sikunir yang berada di Desa Sembungan, Kejajar, Wonosobo, akan dibuka 1 Agustus yang dibagikan @mountnesia untuk info pembukaan wisata Bukit Sikunir Dieng.

Bukit Sikunir. (Instagram/mountsenia)

Perlu kamu juga tahu, empat fakta mengenai Bukit Sikunir yang membuatnya spesial di mata traveler.

Golden Sunrise

Ilustrasi [shutterstock/LoloStock]

Daya tarik yang membuat wisatawan ramai mengunjungi tempat ini adalah dapat menikmati golden sunrise yang sangat indah. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati indahnya telaga cebong dari puncak gunung sikunir.

Mudah Sampai Puncak 

Pendakian ke puncak bukit hanya 30 menit Bukit karena medannya tidak terjal alias mudah dijangkau untuk semua kalangan. Traveler akan melalui jalan setapak yang telah tertata selama pendakian.

Bukit sikunir sekarang ini menjadi salah destinasi favorit yang ada di dataran tinggi Dieng. Mulai dari wisatawan lokal hingga mancanegara setiap harinya mengunjungi gunung ini.

Musim Kemarau Tanpa Kabut

Bagi anda yang ingin mengunjungi bukit sikunir, waktu terbaik yang kami sarankan adalah saat bulan juli hingga oktober. Pada bulan-bulan ini di dieng memasuki musim kemarau dan kemungkinan besar tidak ada kabut tebal.

Dengan tidak adanya kabut tebal membuat pemandangan sunrise sikunir akan semakin sempurna. Ditambah lagi dengan menggumpalnya awan yang berada di bawahnya yang akan menciptakan hamparan negeri di atas awan yang menakjubkan.

Ada Embun Es di Bulan Agustus

Ketika musim kemarau tiba suhu udara di dieng akan mencapai titik terendah. Bahkan bisa mencapai 0 derajat yang bisa merubah embun menjadi butiran es.

Oleh sebab itu, ketika berkunjung ke dieng pada saat musim kemarau kami sarankan untuk menggunkan jaket yang tebal.

Tertarik berkunjung ke Bukit Sikunir, ikuti jalan menuju Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Sampai Desa Sembungan, arahkan jalan ke Bukit Sikunir dan parkirkan kendaraanmu di parkir lereng Bukit Sikunir.

Penting untuk didperhatikan pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu dengan mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, serta tidak bepergian jika demam.

BACA SELANJUTNYA

Telisik Keindahan Situs Tempat Pembuangan Akhir Tertua di Dunia